Gie

Kala itu saya duduk di bangku kelas 3 SMP sekitar tahun 2006, saya dipertontonkan sebuah film  oleh guru saya yang ketika itu sebelum saya menonton filmnya, saya nggak tau judulnya. Filmnya sih berlatar Indoneisa di tahun 60an dan menurut saya ini merupakan film sejarah karena latarnya yang jadul itu.

Source: http://1.bp.blogspot.com/-XhJwk8IDDjo/T4_Kj5z0SgI/AAAAAAAAASo/iO9lVdH5t34/s1600/soe-hok-gie.jpg
Source: google.com

Filmnya itu menceritakan tentang seorang mahasiswa yang suka memberontak, berdemo, suka menulis demi memperjuangkan keadilan dan hak asasi manusia pada zaman Presiden Ir. Soekrano masih menjabat. Dan saya baru tahu judul filmnya saat muncul opening judul fimnya, “GIE.” Film GIE dirilis di Indonesia pada tahun 2005 yang disutradarai oleh Riri Riza.

Karena waktu itu saya belum jadi penggemar film banget, jadi fil GIE hanya saya anggap sebagai hiburan belaka yang sehabis ditonton saya lupakan. Tahun 2011 saya mendapati lagi film GIE ada di komputer teman saya dan copy aja kemudia saya tonton lagi di rumah. Saya tonton filmnya dari awal sampai habis sembari saya mencerna isi filmnya. Dan di saat itu saya mulai mengagumi sosok Gie yang bernama lengkap Soe Hok Gie dengan segala keberaniannya menentang ketidakbenaran dari para petinggi negara, ketimpangan sosial,  ketidakadilan dan permasalahan sosial yang terjadi di masa itu.

“Lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan,” merupakan semboyan Gie yang juga merupakan mahasiswa pencinta alam. Saya kagum akan keberaniannya mengahntam pemerintahan yang sedang melenceng, namun hantaman Gie juga berdasar dari kelimuan yang dia punya sehingga Gie berani untuk berjuang. Kalau jaman sekarang sih kebanyakan orang demo, dsb sih hanya sebatas demo peluap emosi aja sehingga ujung-ujungnya hanyalah anarki.

Kembali saya kagum ketika saya melihat video tayangan Program Kick Andy Merto TV di YouTube episode Soe Hok Gie. Pada tayangan Kick Andy itu diundanglah para sahabat Gie dan mantan anak didik Gie di Fakultas Sastra UI yang bertutur mengenai sosok Gie yang mereka ketahui. Yah lumayan lah videonya menambah pengetahuan saya akan sosok Gie yang mati muda di Gunung Semeru pada usia 27 tahun.

Walau saya adalah salah satu pengagum Gie, namun sebagai Mahasiswa, saya belum seberani beliau untuk berjuang demi Indonesia yang bersih, cukuplah saya menjadi penggagum beliau dan menjadikan berusaha menjadikan Indonesia yang bersih dengan cara saya. Lalu, apakah kamu ngefans juga sama sosok Soe Hok Gie?

Simak tayangan video Kick Andy episode Soe Hok Gie di link YouTube ini😛