Tutorial Blender Basic Sekali

Apa sih Blender itu? Blender yang dimaksud disini bukanlah merupakan alat yang biasa digunakan untuk membuat minuman jus, namun Blender disini merupakan sebuah aplikasi pengolah animasi 3D yang berbasis open source (FYI: Software berbasis open source dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi). Untuk tau lebih dalam mengenai ulasan atau review software Blender, kamu bisa kunjungi link ini dan ini. Dan untuk mendapatkan installer software Blender, bisa kamu download secara gratis di Get Blender.

Jujur saja, saya sih masih pemula dalam penggunaan aplikasi ini. Saya lebih sering menggunakan aplikasi pengolah grafis 2D untuk keperluan perkuliahan dan pekerjaan saya. Saya sendiri mengetahui dan banyak belajar mengenai penggunaan software Blender dari blenderstar.com , blognya senior saya waktu SMA yang banyak membahas tentang tutorial Blender. Jadi tips atau tutorial Blender yang saya posting / buat ini banyak dipengaruhi oleh tutorial dari blog senior saya dan dipengaruhi juga dari ilmu yang pernah diajarkan guru kursus singkat Blender saya, Pak Joko. Jadi tujuan saya membuat atau memposting tutorial maupun tips di blog ini supaya saya gak lupa akan cara penggunaan aplikasi Blender. Saya menggunakan Blender versi 2.66a, berikut tampilan user interface dari Blender 2.66a:

Welcome Screen Blender 2.66a
Welcome Screen Blender 2.66a
User Interface Blender 2.66a
User Interface Blender 2.66a

Dan berikut kita simak sedikit tips Blender:

  1. Bagaimana Menggeser Objek di Blender?
    ilustrasi pegreseran objek
    Ilustrasi penggreseran objek

    Untuk menggeser dan menyeleksi objek pada Blender, kamu bisa gunakan tombol klik kanan dan drag pada mosue, kemudian letakan objek di lokasi yang kamu tentukan.

  2. Kok cara menggeser atau menyeleksi objek pakai klik kanan? Saya kan biasa menyeleksi menggunakan klik kiri, nah solusinya bagaimana tuh?
    menu user preferences
    Menu user preferences

    Yah, solusinya kamu bisa arahkan mouse kamu pada menu file yang ada di menu bar  lalu pilih user preferences atau tekan tombol ctrl+alt+ u sebagai shortcut.

    Blender user preferences
    Blender user preferences

    Pilih bagian Input, kemudian pada bagian Select With, kamu bisa pilih left atau right yang dijadikan sebagai tombol seleksi objek.

  3. Bagaimana cara menghapus objek di Blender?
    ilustrasi penghapusan objek
    Ilustrasi penghapusan objek

    Kamu bisa menyeleksi terlebih dahulu objek mana yang akan dihapus, lalu tekan tombol X atau tekan tombol delete  pada keyboard lalu akan muncul pilihan delete seperti gambar di atas, kemudian  tekan tombol enter dan objek akan terhapus.

Ok, demikianlah tutorial software Blender Basic Sekali, semoga bermanfaat buat saya dan kalian semua para pengunjung khususnya. Kalau kamu mungkin mau sharingsharing atau memperdalam lagi ilmu Blender, kamu bisa gabung di Forum Blender Indonesia (Blender Army).

Kritik, saran dan masukannya bisa kamu kirimkan melalui email di halaman Contact, terimakasih🙂

8 thoughts on “Tutorial Blender Basic Sekali

    1. Silahkan di coba gan, lumayan lah software gratis pakai tapi hasilnya gak kalah sama software kompetitor berbayar.. saya sendiri masih newbie kok🙂 Salam kenal juga..

  1. kalau dirasa belum membantu, masih banyak kok tutorial lain yang lebih membantu, silahkan di cari saja.. terimakasih sudah berkunjung🙂

Comments are closed.