Kenapa Harus Nge-Blog?

Saya kembali teringat ketika zaman SD dulu, saat pelajaran Bahasa Indonesia, kalau mendekati tibanya waktu liburan, biasanya guru Bahasa Indonesia memberikan tugas kepada muridnya untuk menceritakan pengalaman selama liburan lewat sebuah karangan. Dan gak hanya di waktu SD saja mungkin kita dapat pelajaran mengarang tapi di tingkat SMP dan SMA kita juga mendapatkan.

Blogging Daily by shambstory

Berdasar pengalaman SD dulu, waktu di kasih PR mengarang, saya di suruh mengerjakan di kala liburan dan kemudian pas sudah masuk sekolah dikumpulkan dan di koreksi sama guru yang bersangkutan. Waktu zaman SMP dan SMA juga sempat dapat PR mengarang, tapi di waktu SMA porsi pelajaran Bahasa Indonesia di bidang mengarang porsinya sangat sedkit.

Ingat saya dulu waktu zaman SD, kalau udah mendekati masa liburan saya merasa senang banget, tapi kalau sudah dikasih PR mengarang rasanya saya malas mengerjakan walau ujung-ujungnya PR mengarang selesai juga. Namun seiring berjalannya waktu, saat SMP mungkin bisa dibilang saya gak punya gairah untuk menulis, karena pada saat itu saya memang jarang menulis diluar dari jam pelajaran Bahasa Indonesia. Namun pada waktu SMA, walau bisa dibilang saya juga jarang menulis dan saya juga belum mengenal blog, saya mulai belajar menulis melalui keikutsertaan saya pada ekskul wartawan pelajar sehingga saya sempat menjadi kontributor untuk mading sekolah dan karya tulis saya sempat di muat di mading karena waktu itu saya kebagian tugas menjadi penulis atau reporter walau pada saat itu karya tulis saya gak banyak.

Dan di tahun 2009 saat kelas 3 SMA, saya mulai mengenal blog, namun di tahun itu saya hanya baru mengenal saja yang namanya blog, pada saat itu saya juga belum punya dan mulai nge-blog. Waktupun silih berganti, tahun 2011 merupakan tahun dimana saya mulai serius neg-blog dengan menggunakan merek penyedia akun / layanan blog yang gratis. Dimulai dengan menggunakan tumblr, sembari mengisi waktu luang di tengah kesibukan kuliah, saya iseng-iseng membuat blog dan kini saya telah beralih menggunakan wordpress dan bisa dilihat blog tumblr saya yang sudah jarang saya update di secretofshambu.tumblr.com.

Lalu apa alasan kenapa harus ngeblog, apa tujuannya?

Kalau alsan saya pribadi kenapa saya harus ngeblog adalah saya ingin membangkitkan  gairah saya dalam bidang tulis menulis yang dulu sempat hilang, sudah baca kan cerita saya di atas perjalanan saya dari SD sampai SMA tentang hal tulis menulis. Yap, ingin membangkitkan gairah, mengapa begitu? Yang saya ketahui dalam dunia blogging itu gak ada aturan yang baku mengenai gaya bahasa yang digunakan jadi kita gak mesti mengacu pada aturan bahasa yang sesuai faedahnya. Selama kalimat yang kita gunakan gak ada unsur SARA dan hal-hal yang dirasa kurang etis untuk dibahas itu masih gak dipermasalahkan. Jadi saya senang ngeblog karena dalam menulisnya saya gak mesti terpaku pada aturan bahasa, jadinya saya menulis blog sesuai dengan gaya bahasa saya sendiri.

Suatu saat pernah teman saya bertanya: Lu belajar ngeblog dari mana sih? Dan saya menjawab kalau saya belajar ngeblog itu secara otodidak dan juga saya belajar dari pengalaman. Jadi buat kalian yang mau mulai ngeblog, mulai aja lah gak usah malu dan takut, kalau gak mau mengeluarkan  biaya besar untuk blogging, kita bisa gunakan merek penyedia blog yang gratisan kok dan untuk masalah bahasa gak perlu takut juga, kamu juga bisa menulis blog dengan bahasa yang kamu gunakan sehari-hari. Kalau misalkan masih kurang mengerti soal blogging bisa tanya-tanya gratis kok sama Mbah Google😛

Kalau ditanya soal tujuan saya ngeblog, saya akan menjawab: saya ngeblog ini adalah untuk berbagi, berbagi pengalaman maupun hal seru dan positif lainnya. Setiap hari saya kan beraktivitas tuh dan pastinya saya mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang siapa tahu hal-hal tersebut menurut saya biasa, tapi bagi orang lain itu hal yang gak biasa karena mereka gak mengalaminya dan siapa tahu juga pengalaman dan ilmu yang saya dapat bisa bermanfaat serta menginspirasi para pembaca blog sekalian.

Yeeeaah, itulah alasan saya kenapa saya harus nge-blog, kalau kamu apakah punya alasan tersendiri kenapa harus ngeblog? Berikan komentarmu di postingan ini.. Kritik dan saran terbuka bagi para pengunjung / pembaca blog ini sekalian. Ayoo tunggu apa lagi, mulailah menulis & lets blogging! Salam blogger🙂

4 thoughts on “Kenapa Harus Nge-Blog?

    1. Yah sambil share pengalaman sekalian share ilmu yang dipunya juga biar bermanfaat🙂 Btw, salam kenal dan makasih sudah berkunjung🙂

Comments are closed.