Apalah arti kalimat “Hamdallah”?

Terkadang kita dengan mudahnya mengucapkan kalimat Hamdallah (Alhamdulillah), seperti  misalnya ketika kita telah mendapati suatu yang menyenangkan dalam hidup kita, ketika selepas bersin misalnya atau ketika kita ditanya kabar oleh kerabat kita maupun contoh lainnya, pastilah biasanya kita sebagai umat Muslim kerap kali mengucap kalimat Hamdallah yang artinya segala puji hanya bagi Allah. Kaimat Hamdallah sendiri biasanya kita ucapkan sebagai ungkapan rasa syukur kita atas nikmat yang diberikan Allah SWT. kepada kita.

Image

Namun terkadang ketika kita sedang dalam kondisi yang dirasa kurang mengenakan dalam kehidupan kita (seperti contoh saat kita sedang tertimpa musibah, sedang kena macet misalnya dan lain sebagainya) yang mungkin dari sebagain hal yang dirasa kurang mengenakan yang telah kita alami itu telah membuat kesabaran diri kita menjadi seakan telah habis, kita kerap kali mengeluh seakan gak terima atas apa yang telah terjadi dan mungkin sesuatu yang terjadi itu sudah digariskan oleh Allah. Saya sendiri gak memungkiri kalau saya pribadi kerap kali juga mengeluh, tapi entah kenapa saya tergugah untuk bikin tulisan semacam ini. Dan saya pun menulis tulisan ini sambil dibarengi dengan perasaan mengeluh karena koneksi internet yang gak stabil.

Lalu apalah artinya kita melampisakan perasaan syukur kita dengan mengucap kalimat Hamdallah kalau di sisi lain saya maupun kalian masih saja “Mengeluh.” Terkadang tanpa disadari pula kita meluapkan keluhan-keluhan yang ada dalam diiri kita kepada suatu hal yang negatif (seperti contoh marah-marah gak jelas gitu waktu lagi kena macet dan lain sebagainya). Tapi apakah wajar kita sebagai manusia untuk mengeluh? Kalau menurut saya pribadi sih antara wajar dan gak wajar sih, tapi lebih kebanyakan gak wajarnya deh karena kalau kita kebanyakan mengeluh seakan-akan kita tuh kayak gak bersyukur atas banyaknya nikmat yang telah Allah limpahkan kepada kita dan berujung membuat kita jadi kufur.

Yaaah, melalui tulisan ini saya mengajak diri saya khusunya dan kamu yang gak sengaja ngunjungin blog saya untuk menginstrospeksi diri kita agar kita bisa lebih bersyukur lagi yaitu bersyukur dengan mengedepankan perbuatan bukan hanya ucapan aja. Biarpun semuanya itu perlu proses namun sedikit demi sedikit kita coba untuk menuju perbuatan “Syukur” yang sebenarnya🙂