Hilangnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Bersumber dari kicauan status saya di facebook

Sepertinya para pelaku industri kreatif seperti kita ini harus berdiri dan berjalan sendiri untuk saat ini karena di pemerintahan yang sekarang sudah tidak ada lagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang membawahi sektor industri kreatif..

Dan saat ini industri kreatif seperti dinomor duakan dengan menjadikan Kementerian yang membidangi ekonomi kreatif dengan hanya menjadikan ekonomi kreatif sebagai badan saja dalam pemerintahan / kementerian. Kalau kementerian kan pasti sudah jelas memiliki program kerja yang setidaknya berguna bagi para pelaku industri dan setidaknya juga tinggal meneruskan program kerja yang belum sempat terealisasikan di era kementerian sebelumnya.

Padahal menurut data BPS 2013 pertumbuhan ekonomi kreatif mencapai 5,76 persen, di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,74 persen. Kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB Indonesia mencapai Rp 642 triliun, atau 7 persen dari angka nasional (Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/08/24/152859726/Bangkitnya.Ekonomi.Kreatif.Indonesia).

Dengan adanya kementerian ini menurut saya dapat menampung dan menyalurkan aspirasi dari para pelaku sektor industri kreatif sekalian. Saat ini industri dan ekonomi kreatif Indonesia sedang menggeliat dan berkembang cukup pesat. Eh, banyak juga loh event yang berkaitan dengan industri kreatif yang didukung langsung oleh Kementerian ini.

logolama

Nah sekarang ini sudah tidak ada lagi kementerian yang membawahi hal tersebut. Bagaimana dengan respon saya menanggapi hal ini? Senada dengan Walikota Bandung Pak Ridwan Kamil saat diwawancara Kompas TV yang menyatakan kecewa akan hal ini, saya pun ikut kecewa karena sudah tidak ada lagi kementerian yang membawahi dan menjembatani bidang kerja kami di ranah industri dan ekonomi kreatif.

Lalu respon teman-teman seperjuangan di industri kreatif gimana nih? Siapa tahu ada rekan kerja kreatif yang mau kasih tanggapan..🙂

Benar juga sih, revolusi ternyata harus memakan korban😛

Ya, inilah saya.. Nulis status aja udah kayak nulis artikel, haha..