Alhamdulillah, kemarin Ahad /  Minggu, 17 April 2016 saya berkesempatan mengunjungi Record Store Day Indonesia 2016 di Pasar Santa, Jakarta Selatan. Tahu kalau ada event ini dari teman saya sebetulnya sudah dari hari Sabtu, hanya karena saya lagi malas pergi ke sana waktu Sabtu akhirnya saya memutuskan dan memilih hari Minggu untuk ke sana.

Dan ternyata di hari Minggu gak hanya ada acara Record Store Day saja tetapi ada juga acara gigs musik dari goaheadpeople di Gudang Sarinah, Pancoran, Jakarta Selatan dari siang sampai malam, kira-kira ini lah flyer atau poster acara di Gudang Sarinah:

A photo posted by stellagareth (@stellagareth) on Apr 16, 2016 at 6:34am PDT

Tur Kuningan (dan Sekitarnya) 2016 berlanjut di sini. Khusus usia 18 tahun ke atas. Info lain menyusul.

A photo posted by The Adams (@theadamsband) on Apr 6, 2016 at 7:19pm PDT

Kalau dilihat-lihat sih musisi atau band-band yang bakal perform sih ya lumayan keren, bagus, mantap dan terlebih saya juga suka dengan musik mereka dan cukup mengapresiasi karya mereka. Hmmm, tapi apalah daya, Minggu siang itu saya baru banget sampai di kampus dan kebetulan juga cuaca Jakarta saat itu sedang kurang bersahabat, Jakarta sedang diguyur hujan dengan intensitas besar sedangkan saya juga sedang menunggu waktu bimbingan tugas akhir di sore harinya dan saya juga baru bisa keluar kampus sekitar jam 5 sore atau Maghrib setelah bimbingan.

Tibalah waktu yang dinanti saat bimbingan TA sudah usai. Di tengah suasana Jakarta yang masih diterpa hujan rintik-rintik saya pun dihadapkan dengan dua pilihan, antara mau datang ke Record Store Day (RSD) atau ke Gudang Sarinah.

Tadinya kalau bimbingan TA selesainya cepat, saya memutuskan untuk datang ke dua tempat ini, tapi karena waktunya enggak memungkinkan akhirnya saya harus memilih salah satu acara untuk disambangi. Akhirnya pilihan hati saya jatuh pada acara Record Store Day untuk didatangi. Tanpa pikir panjang, selepas Shalat Maghrib saya segera jalan ke Pasar Santa dari arah kampus saya di daerah Meruya, Jakarta Barat.

Walau hujan sempat reda kemudian turun lagi enggak menyurutkan niat saya untuk tetap jalan dengan bermotor ria, habisnya jika sayanya enggak jalan-jalan sama saja menunda waktu kepulangan saya ke rumah, soalnya arah Pasar Santa, Blok M kan sekalian juga arah pulang ke rumah saya di Depok, hmmm jauh juga ya, haha🙂

Nah Record Store Day sendiri sebenarnya kalau enggak salah adalah momen atau event untuk memperingati hari rilisan fisik sedunia yang jatuh pada tanggal 16 April. Ini kalau salah mohon dikoreksi ya. Yang saya tahu kalau di Indonesia acara ini digelar di Jakarta, Bandung dan juga Solo, untuk kota lainnya saya kurang tahu ada atau enggaknya acara seperti ini di waktu yang sama.

Yap, tak butuh waktu yang relatif lama daripada hari biasanya ketika jalanan cenderung lebih macet ketimbang hari Minggu untuk sampai ke lokasi acara, sekitar jam setengah delapan saya sudah di pakiran Santa. Dari parkiran sudah terdengar sedikit agak keras suara musik yang sepertinya dari acara Record Store Day. Dengan segera saya melangkahkan kaki ke sumber keramaian dan keriuhan yang ada di lantai 2 pasar. Wow, ternyata band Stars & Rabbit sedang perform di malam kedatangan saya itu.

STARS AND RABBIT #recordstoredayindonesia #rsdindo2016 #pasarsanta #jakarta

A photo posted by Record Store Day Indonesia (@recordstoredayindonesia) on Apr 17, 2016 at 5:52am PDT

Enggak afdol rasanya bilamana datang ke acara yang cuma ada satu tahun sekali ini enggak nyari sesuatu dan enggak bawa pulang sesuatu, minimal kan ada oleh-oleh yang bisa dibawa pulang hahaha. Enggak mau menyia-nyiakan momen seperti ini, saya pun ikut meramaikan berburu rilisan fisik musik yang kiranya saya lagi suka atau gandrungi walaupun sebetulnya saya merencakan ingin beli rilisan fisik tertentu, yang penting kalau pas di sana ada yang bagus dan sesuai sama budget ya saya bawa pulang atau beli.

Well, inilah dia rilisan fisik yang berhasil saya boyong di malam terakhir Record Store Day 2016:

Ketiga rilisan fisik yang saya beli adalah merupakan karya dari para musisi lokal. Siapa sih yang enggak kenal The Upstaris yang sudah ngehits sejak era 2000-an, Mocca band yang mayoritas lagu-lagunya berbahasa Inggris dan juga Stars & Rabbit band keren yang sebenarnya saya baru kenal baru-baru ini yang video klip nya sempat masuk nominasi 10 video klip terbaik di tahun 2015 versi Rolling Stone Indonesia.

Walau saya berhasil membawa pulang 3 rilisan fisik dengan desain cover album yang begitu menarik, namun berbanding terbalik dengan acara RSD kali ini yang sepengamatan saya, antusiasme para pecinta musik sangat minim alias acara Record Store Day pada hari Minggu malam kemarin enggak seramai seperti di tahun kemarin yang diadakan di Blok M, kalau menurut saya sih ini juga efek dari acara goaheadpeople yang jadwalnya berbarengan sama acara ini, jadilah fokusnya penikmat musik ini terbagi.

Berhubung HP saya tiba-tiba rusak kemarin Minggu dan foto-foto di Record Store Day yang saya jepret dari kamera HP saya belum dapat saya selamatkan, akhirnya foto-foto dari Instagram inilah yang menjadi bukti oteknik kalau saya memang datang ke acara keren ini, hahaha😛

Kira-kira itulah sedikit cerita saya di Record Store Day 2016 di Jakarta, semoga rilisan fisik dari musisi lokal yang saya beli di sana bermanfaat dan semoga cerita atau tulisan saya ini bermanfaat juga yaa.. Sampai berjumpa kembali di Record Store Day tahun berikutnya, semoga Allah SWT. menyehatkan jiwa dan raga kita agar kita bisa bersilaturahmi kembali di momen dan event yang sama, Amin.

Thank You! And see you next Year! #rsdindo2016 #recordstoredayindonesia

A photo posted by Record Store Day Indonesia (@recordstoredayindonesia) on Apr 18, 2016 at 7:40am PDT

 

Terimakasih🙂

WWW.SHAMBUSTORY.COM